Combi Brake System (CBS) di Vario

Woro-woro..

Para sedulur musti tau teknologi terbaru motor honda pertama di Indonesia.

Teknologi baru yang diterapkan Honda pada produk matic nya yaitu CBS,,. (Combi Brake System) – Pada vario.
Dasar dari teknologi ini yaitu dengan membagi tekanan pengereman dari tuas rem kiri (biasanya hanya melayani pada roda belakang) untuk pengereman roda depan dan sekaligus belakang..,
Perbandingan pengeremannya yaitu sekitar 70% ke roda belakang dan 30% ke depan..,.
Tujuan dr sistem ini agar didapatkan pengereman yang seimbang sehingga tidak terjasi selip karena kebanyakan orang hanya mengandaklan rem belakang saja..,//

Karena menggunakan CVT maka pada type matic tdk terjadi engine brake,,
Jadi pengereman murni dari rem saja../ sistem rem menjadi sangat penting .
Pada mesin CVT performance matic meningkat sekitar 35% (grafik)


Grafik perbandingan performance

Sebagaimana terlihat pada gambar dibawah ini.//, combi brake system bekerja apabila tuas rem kiri ditekan//maka rem belakang dan rem depan akan mengerem baik roda belakang dan depan!!! Hal ini bisa dilakukan mengingat adanya equalizer yang bekerja… sehingga disamping rem belakang bekerja,rem depan juga bekerja.. !!! Sedangkan apabila rem kanan ditarik, roda depan aja yang akan mengerem!!!

keuntungan dengan adanya CBS ini.. Sebagaimana terlihat pada grafik dibawah ini,… jika skutik berjalan lambat… alias koefisien friksi nya ( 0.2 .) maka akan efektif dilakukan pengereman dengan porsi ban belakang lebih besar dari pada ban depan… !!! Jadi cukup dengan combi brake aja… tuas rem kiri ditekan… pada kecepatan lambat… sudah efektif… !!!

Kenapa efektif… ??? combi brake system ini… bekerja dengan porsi sekitar 70% ke ban belakang, dan 30% ke ban depan// Naagh gimana jika koefisien friksi nya lebih kecil… (misalnya 0.1 mu red.) … ??? Ternyata.. ideal pengereman… adalah porsi ban depan lebih besar dibandingkan ban belakang … !!!lihat grafiknya… titik warna kuning… so kombinasi dari rem depan dan belakang … !!!. (aditric.red)

Iklan